Daftar Beasiswa

Soekirno Scholarship-rupa81 2013-2014
Skripsi bagi Alumni TA 2013-2014
Alumni TA 2013-2014
Beasiswa ILUNI FHUI & Bank Mandiri TA 2013-2014
Beasiswa Prof Munandar TA 2014-2015
Beasiswa PERGOLA UI 2013

Definisi

Beasiswa adalah bantuan yang diberikan kepada mahasiswa sebagai bentuk apresiasi prestasi mahasiswa ataupun berupa bantuan Biaya Pendidikan bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan finansial.

Paket Beasiswa adalah sebuah penawaran Beasiswa dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pelamar/Pendaftar Beasiswa adalah seseorang yang membutuhkan Dukungan biaya pendidikan dan biaya penunjang pendidikan baik yang telah terdaftar sebagai Mahasiswa atau belum terdaftar sebagai Mahasiswa UI

Penerima Beasiswa adalah Pelamar/Pendaftar Beasiswa yang sudah disetujui oleh Pengelola dan Pendonor dari suatu Paket Beasiswa.

Pengelola adalah pihak UI (Direktorat Kemahasiswaan UI/Unit PAU/Fakultas) yang mengelola Paket Beasiswa.

Pendonor adalah pihak yang memberikan Beasiswa.

Sistem Beasiswa UI adalah sistem informasi berbasis TI yang digunakan oleh Pelamar/Pendaftar Beasiswa, Pendonor, dan Pengelola dalam mengelola segala proses yang terkait (Pendaftaran, Operasional, Laporan, dll) untuk setiap Paket Beasiswa.

Organisasi Pengelolaan Beasiswa

Beasiswa yang ditawarkan kepada Pelamar/Pendaftar Beasiswa dikelola dalam wujud Paket Beasiswa. Setiap Paket Beasiswa terdiri dari pihak Pendonor, Pengelola dan sejumlah Pelamar/Pendaftar Beasiswa. Paket Beasiswa satu dengan lainnya dikelola secara terpisah dan memiliki Periode pendaftaran, Mekanisme Seleksi, Pengelola, Pendonor, hingga Syarat dan Ketentuan yang berbeda-beda. Sistem Beasiswa berfungsi sebagai alat pengelolaan Administrasi terintegrasi yang disediakan oleh Universitas Indonesia untuk seluruh Stakeholder terkait.

Dalam masa Periode pendaftaran suatu Paket Beasiswa, Pelamar/Pendaftar Beasiswa dapat mengisi formulir elektronik dan mengunggah dokumen yang diperlukan untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang diharapkan. Setelah masa Periode pendaftaran suatu Paket Beasiswa berakhir, Pengelola akan mengusulkan calon Penerima Beasiswa kepada Pendonor. Usulan nama-nama calon Penerima Beasiswa diproses oleh Pengelola di tingkat Universitas/Fakultas sesuai dengan kriteria dan tujuan dari Paket Beasiswa tersebut. Pendonor akan melakukan seleksi dan meng-Approve atas usulan nama-nama calon Penerima Beasiswa yang diajukan oleh Pengelola Paket Beasiswa.

Setelah proses Pendaftaran dan Seleksi selesai, Pengelola dan Pendonor akan memproses rencana keuangan yang sudah disetujui untuk direalisasikan bagi setiap Penerima Beasiswa secara berkala hingga berakhirnya Paket Beasiswa. Dalam masa pelaksanaan Paket Beasiswa, Penerima Beasiswa wajib melaporkan prestasi dan capaian kepada Pendonor melalui Sistem Beasiswa. Prestasi dan capaian Penerima Beasiswa akan dipantau oleh Pendonor maupun Pengelola agar selalu sesuai dengan kriteria dan tujuannya.

SK Rektor Pengelolaan Beasiswa

Unduh dokumen SK Rektor Nomor 3198/SK/RU/2014 tentang Pengelolaan dukungan Biaya Pendidikan dan biaya Penunjang Pendidikan yang dikelola di lingkungan Universitas Indonesia.

Cara melamar Beasiswa

Lakukan 6 Langkah berikut:
  1. Login pada sistem Single Sign On UI (Pastikan Anda sudah memiliki Akun UI)
  2. Memilih paket beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  3. Klik tombol "Daftar" pada paket beasiswa yang Anda pilih
  4. Mengisi seluruh data yang diperlukan, kemudian mengunggah seluruh dokumen Syarat dan Ketentuan yang diminta
  5. Apabila dokumen Syarat dan Ketentuan sudah Anda lengkapi, klik tombol "Kirim" pada formulir elektronik.
  6. Pendaftaran Selesai. Silakan memantau status lamaran beasiswa Anda secara berkala hingga akhir masa seleksi yang telah ditentukan.
Perhatikan hal-hal berikut:
  • Apabila Anda sudah memiliki akun UI, tidak diperlukan lagi pendaftaran login baru pada sistem Singe Sign On (SSO) UI.
  • Beberapa pelaksanaan seleksi paket beasiswa meminta Anda melakukan submisi dokumen secara fisik. Pastikan semua dokumen yang diunggah ke dalam Sistem Beasiswa adalah dokumen yang sama dengan dokumen fisik. Kekeliruan antara dokumen fisik dengan dokumen yang sudah diunggah akan sangat mempengaruhi proses seleksi.
  • Direktorat Kemahasiswaan UI siap memberikan penjelasan dan asistensi mengenai tata cara penggunaan Sistem Beasiswa.

Cara Menjadi Donatur

Lakukan 3 Langkah berikut:
  1. Daftar akun SSO UI di https://sso.ui.ac.id/account/user/register
  2. Hubungi Petugas Direktorat Kemahasiswaan (kontak E-Mail)
  3. Petugas Direktorat Kemahasiswaan akan mendaftarkan Akun Anda (Organisasi/Perorangan) ke dalam sistem beasiswa sebagai Pendonor
Perhatikan hal-hal berikut:
  • Apabila donasi > 200 jt, diperlukan perjanjian legal dengan UI.
  • Donatur dapat bersifat Organisasi atau Perorangan.
  • Direktorat Kemahasiswaan UI siap memberikan penjelasan dan pelatihan mengenai tata cara penggunaan Sistem Beasiswa.

Frequently Asked Question (FAQ)

Q: Mengapa Paket Beasiswa yang ingin saya daftar belum tercantum di dalam Sistem Beasiswa UI ?
A: Sebuah Paket Beasiswa yang diajukan oleh Pendonor harus di-Approve dahulu oleh Direktorat Kemahasiswaan UI. Kemungkinan besar Paket Beasiswa yang Anda cari masih menunggu Approval dan belum di-Publish di dalam Sistem.

Q: Siapa saja sih yang bisa mendaftar Beasiswa pada Sistem ini ?
A: Pendaftaran beasiswa terbuka bagi siapa saja yang memiliki Akun Single Sign On (SSO) UI. Apabila Anda adalah belum menjadi Mahasiswa UI, silakan daftar Akun SSO UI terlebih dahulu.

Q: Saya adalah Civitas Akademika UI (Staf/Mahasiswa) dan memiliki Akun UI, mengapa terjadi error saat masuk ke dalam Sistem Beasiswa ?
A: Seluruh Akun civitas Akademika UI (Staf dan Mahasiswa) menginduk pada Sistem Informasi lainnya. Akun Mahasiswa memiliki keterkaitan data dengan SIAK NG, sedangkan akun Staf memiliki keterkaitan data dengan SIPEG. Sistem Beasiswa selalu memeriksa kelengkapan data Anda pada sistem terkait. Penyelesaian hal ini adalah Anda dapat menghubungi operator Sistem Beasiswa pada Direktorat Kemahasiswaan UI.

Q: Siapa sih pihak-pihak yang terlibat dalam proses seleksi Beasiswa ?
A: Ketika periode pendaftaran telah berakhir, akan dilakukan seleksi Administratif terhadap semua data Pelamar/Pendaftar Beasiswa. Seleksi Administratif ini dilakukan oleh Pengelola (Direktorat Kemahasiswaan, Unit-unit di PAU, atau Kemahasiswaan Fakultas) untuk mengusulkan sejumlah data Pelamar/Pendaftar Beasiswa kepada Pendonor. Data yang diusulkan ini akan diseleksi mengikuti mekanisme yang ditentukan oleh Pendonor untuk kemudian ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa.